Mencoba Menyelematkan dari Narkoba


Mencoba Menyelamatkan Generasi Muda dari Narkoba

Gaya hidup merupakan cerminan dari kepribadian seseorang dan menggambarkan seberapa besar nilai moral orang tersebut dalam masyarakat di sekitarnya. Sebagian besar remaja masa kini telah berubah, hal ini sejalan dengan semakin berkembangnya berbagai teknologi dan budaya. Remaja banyak yang menganut gaya hidup hidonisme, westernisasi, dan juga konsumenisme. Gaya hidup yang demikian menyebabkan mereka cenderung mengagungkan kehidupan bergaya kebarat-baratan yang menurut mereka lebih “WAH” dan lebih gaul.

Banyak remaja di zaman sekarang yang telah mengenal minum-minuman keras, rokok, bahkan narkoba. Mereka menganggap jika tidak mengonsumsi  barang-barang tersebut, maka ia akan dinilai sebagai masyarakat yang ketinggalan zaman atau tidak gaul. Mereka mengonsumsi barang-barang tersebut tanpa memikirkan efek samping atau bahayanya.

Menyadari betapa buruknya bahaya narkoba, SMP Negeri 1 Mojoagung mencoba untuk mencegah generasi muda pelajar SP1MA tidak terjerumus untuk mencoba-coba menggunakan barang-barang terlarang dengan melaksanakan penyuluhan tentang narkoba pada hari jum’at tanggal 17 Februari 2017. Penyuluhan tersebut diberikan kepada seluruh siswa secara bergilir, dari kelas 9 terlebih dahulu, kemudian dilanjut kelas 8, hingga kelas 7, dan dilaksanakan di aula bawah SMP Negeri 1 Mojoagung. Penyuluhan ini diberikan oleh Ipda Irianto dan Ipda Jarot Muji serta para siswanya dari Bimmas Polres Jombang.

Penyuluhan tersebut tak hanya tentang narkoba saja, tetapi juga tentang pergaulan bebas ramaja masa kini, seperti tawuran antar pelajar, mengendara tanpa sim karena masih dibawah umur, maupun tentang seks bebas. Para siswa biberi pandangan tentang arti pergaulan bebas dan narkoba, macam-macam narkoba, serta bahaya dari tawuran, mengendara tanpa sim, seks bebas dan khususnya narkoba itu sendiri.

Penyuluhan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran siswa akan bahaya dan dampak narkoba bagi kesehatan siswa. Dan generasi muda pelajar SMP Negeri 1 Mojoagung khusunya. Generasi penerus bangsa diharapkan selalu berkata tidak pada narkoba serta memiliki kompetensi dan akhlak yang baik serta berkualitas agar dapat menjadi harapan bangsa dan mampu membanggakan bangsa di mata dunia.

IMG-20170221-WA0011

 

Penyusun

Najmi hanifah permana