Jelajah Alam Pramuka


           Minggu pagi yang cerah, 16 Oktober 2016. Siswa kelas 7 dan 8 SMP Negeri 1 Mojoagung anggota pramuka gugus depan 12.21 dan 12.22. sedang melaksanakan jelajah searah sekaligus jelajah alam di kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.

            Perjalanan kami dimulai menuju ke candi Brahu. Di sana kami diberi tugas untuk mencari sejarah tentang candi Brahu. Perjalanan kami dilanjut menuju ke tempat pembuatan patung yang bertepatan di desa Jati Sumber. Di sana kami di beri tugas untuk berwawancara kepada seseorang pembuat patung. Setelah berwawancara perjalanan kami dilanjut menuju ke museum Trowulam. Disana kami belajar sejarah kerajaan Majapahit, kami dipandu oleh seorang pemandu dari museum tersebut.

Setelah itu kami di beri waktu beristirahat untuk sholat dan makan bersama.

            Rasa kagum dan takjub begitu menyelimuti setiap derap langkah kami. Sama halnya denga tujuan diadakan acaraini, agar kita senantiasa mencintai alam dam mengenal alam sebagai ciptaan tuhan Yang Maha Besar, dan sebagai wadah pendidikan menambah wawasan dan pengetahuan tenatang sejarah kerajaan Majapahit, dan juga untuk pengembang diri bagi peserta didik anggota pramuka.

            Sekitar pukul 12.00 siang jelajah alampun dimulai. Pada jelajah kali ini angota pramuka harus melewati 4 pos sebelum mencapai ke finish. Di setiap pos tentu ada berbagai macam tugas yang harus mereka selesaikan. Dari start menuju ke finish kami juga ditugasi untuk membuat peta pita. Di pod pertama kami ditantang untuk mengerjakan sandikotak I dan II. Sedangkan di pos 2 kami diberi tugas untuk ceck in anggota regu kami kepada panitia yang bertugas. Perjalanan dari pos 1 menuju ke pos 2 begitu sangat menantang. Di perjalanan kami melewati persawahan, sungai, dan ladang jagung yang rimbun. Di ladang jagung tersebut banyak jalan yang dapat kita lewati, tetapi para senior pramuka telah menyiapkan berbagai tanda jejak pada jalan yg membingungkan tersebut, dan juga telah disiapkan beberapa senior untuk menjadi pos bayangan yang berfung pnunjuk arah jika peserta melewati jalan yang salah. Di lanjut ke 3 kami ditantang untuk menunjukkan aksi kami tentang gerak-gerak dasar PBB, juga penilaian SKU tentang baris berbaris. Di pos terakhir kami dieri tugas untuk mengumpulkan semua tugas yang telah diberikan. Pos 4 tepat terletak pada batas finish perjalanan kami, yaitu terletak pada candi Bajang Ratu. Di sana kami tak luput dari tugas, kami di beri tugas untuk membuat gambar sketsa candi Bajang Ratu.

            untitled-2

            Walau melelahkan dan jauh rute yang kami tempuh, sama sekali tak mematahkan semangat yang berkobar di dalam diri kami. Sama halnya dengan harapan pembina pramuka SMP Negeri 1 Mojoagung ‘’agar seluruh anggota pramuka menjadi seorang pramuka yang berkarakter.

            Disusun oleh :

  1. Najmi Hanifah Permana dari kelas 8G
  2. Pramudya Firmansyah dari kelas 8B
  3. Tiara Puja Abeliana dari kelas 8C
  4. Wina Rahayu (Guru Pembimbing)