Idul Adha Sebagai Media Untuk Peduli Sesama

Selasa, 13 September 2016 suasana pembelajaran di SMP N 1 Mojoagung berbeda dengan biasanya. Seluruh siswa memakai busana muslim,mereka sudah berkumpul di lapangan sejak pukul 06.45 untuk menerima pengarahan dari guru Agama. Di tengah-tengah mereka tampak dua ekor kambing dan satu ekor lembu. Suasana khidmat begitu terasa saat do’a dikumandangkan, hari ini keluarga besar SMP N 1 Mojoagung sedang memperingati Hari Raya Idul Adha 1437 H.

Meski hanya dengan meyembelih 1 ekor lembu dan 2 ekor kambing,kelihatan kecil memang,jika dibandingkan dengan jumlah seluruh siswa yang hampir 900 orang Tetapi tujuan utama Peringatan Idul Adha tidak dinilai dari banyaknya jumlah hewan qurban yang disembelih melainkan bagaimana para siswa menyikapi makna pembelajaran dibalik peringatan Idul Adha,hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Guru Agama,menurut beliau kegiatan semacam ini juga sebagai media untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta menumbuhkan rasa peduli pada sesama warga sekolah dan masyarakat lingkungan sekolah

Bentuk kegiatan ini terbagi dalam 3 kegiatan,yakni :

  1. Pengumpulan dana qurban yang dimulai sejak tanggal 1 Agustus s/d 31 Agustus 2016 dengan nominal sebesar Rp.30.000.00/siswa yang kemudian setelah terkumpul, di serahkan pada Bapak/Ibu guru yang bertanggung jawab di masing-masing kelas. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa syukur sehingga siswa begitu mudah mengeluarkan sadaqah peduli terhadap sesama.
  2. Mengidentifikasi keluarga siswa SMP N 1 Mojoagung dan masyarakat di sekitar sekolah yang layak untuk menerima hewan qurban dengan penjaringan melalui identifikasi angket bedasarkan status ekonomi keluarga ,kemudian masing-masing siswa menerima kupon yang diberikan panitia qurban, setelah itu para siswa yang mendapat kupon mengantri sesuai kelas mereka masing-masing untuk mendapatkan daging qurban.
  3. Melaksanakan penyembelihan hewan qurban dan mendistribusikan daging qurban kepada 538 siswa SMPN 1 Mojoagung dan warga sekitar sekolah. Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di halaman sekolah. Gema takbir mengiringi setiap kali pisau menggores urat leher hewan kurban, dan di saksikan seluruh siswa SMPN1 Mojoagung. Gema takbir terus berkumandang tanpa henti sampai penyembelihan selesai. “ Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Laa Ilaa Haillallahu Allahu Akbar, Allahu Akbar Walillahilhamdu : Allah maha besar 3x , Tiada Tuhan selain Allah , Allah maha besar , Allah maha besar dan tiada Tuhan selain Allah “.Mendengar alunan takbir yang tiada henti hati kami benar –benar tergetar merasakan syukur atas nikmat Allah yang terlimpahkan. Hal ini benar- benar   dirasakan oleh seluruh siswa hingga suasana hening sesaat.

img_20160913_105025

Osis bertanggung jawab penuh untuk membantu bapak ibu guru dalam pendistribusian hewan qurban kepada 538 siswa SMPN 1 Mojoagung dan warga lingkungan sekolah. Sedangkan siswa yang tidak terlibat dalam kegiatan ini masuk ke dalam kelas masing-masing untuk mengikuti lomba melukis ayat-ayat suci al-Qur’an (kaligrafi). Untuk kegiatan ini sekolah telah mempersiapkan 25 hadiah kepada siswa yang karyanya terbaik.

Kegiatan peringatan Idul Adha tahun ini berlangsunng sangat hikmat dan lancar, meskipun tugas OSIS dan MPK cukup melelahkan dikarenakan kurang kerjasama diantara para pengurus MPK. Semoga tahun depan seluruh anggota OSIS dan MPK mampu memahami tugas agar bisa bekerja sama dalam melaksanakan tugas. Sehingga kegiatan tahun depan semacam ini bisa lebih sukses.

Disusun oleh :

  1. Najmi Hanifah Permana                kelas   8G
  2. Tiara Puja Abeliana                       kelas   8C
  3. Pramudya Firmansyah                  kelas   8B
  4. Martha Vinata                                kelas   8C
  5. Rezha Wardany                             kelas   8C

Editor : Najmi Hanifah Permana         kelas   8G